3 Makanan Khas Purworejo yang Unik dan Patut Dicoba

Bagaimana dengan libur panjang kali ini? Sudahkah kamu merencanakan untuk menikmati liburan panjang kali ini? Jika belum, ada satu tempat yang bisa kamu kunjungi sekaligus menikmati makanan khasnya, yakni ke Purworejo sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Purworejo menjadi salah satu destinasi liburan yang tentunya menyenangkan sekaligus anda bisa menikmati berbagai makanan khas yang ada di Purworejo. Banyak kuliner khas Purworejo yang sayang untuk dilewatkan dan patut untuk kamu coba dan cicipi. Dan pastinya, kamu tidak akan pernah menemui berbagai makanan khas ini di daerah lain. Nah, berikut ini ada 3 makanan khas Purworejo yang pastinya unik dan layak untuk kamu cicipi.

  1. Geblek

Makanan ini tidak hanya dikenal di Purworejo tetapi juga dikenal di Kabupaten Kulonprogo dan daerah Wonosobo. Makanan ini sangat nikmat sebagai teman untuk menikmati dawet ireng yang juga sangat khas di Purworejo. Di tiap daerah, memiliki keunikan yang berbeda dari geblek ini. geblek dibuat dari tepung singkong yang dibumbui dengan bawang dan kemudian digoreng sehingga rasanya sangat gurih. Untuk menikmati geblek ini bisa langsung dimakan ketika masih hangat dan dicocol dengan saus kacang. Kamu yang ingin menikmatinya bisa mendapatkan makanan ini sekitar Baledono, alun-alun Purworejo, atau di pasar Jenar.

  1. Kue Lompong

Kenapa disebut kue lompong? Aslinya pewarna hitam berasal dr serbuk bubuk batang lompong (talas/lumbu) hitam. Batang lompong dikeringkan kemudian ditumbuk halus. Karena dahulu pewarna instan belum tersedia. Tetapi saat ini bnyak dibuat menggunakan air bakaran merang padi (tangkai cabang padi, bukan batang).

  1. Clorot

Makanan ini bentuknya sangat unik. Berbentuk lonjong yang mirip dengan terompet. Clorot terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan dibentuk menyerupai terompet lalu dibungkus dengan janur kuning dan kemudian direbus. Untuk makan clorot ini caranya juga terbilang unik. Kamu tidak perlu repot untuk membuka bungkusnya. Cukup dengan menekan janur yang di ujung kemudian clorot akan keluar dengan sendirinya. Bila kamu ingin mendapatkan makanan khas dan unik ini kamu bisa dapatkan di pasar Grabag.

Itulah 3 makanan khas Purworejo yang bisa kamu temukan saat kamu berlibur ke Purworejo. Pastinya makanan-makanan tersebut merupakan makanan khas dan juga unik untuk kamu dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *